Blizzard Entertainment pertama kali merilis World of Warcraft pada bulan November 2004, jadi The New York Times merayakan hari jadinya dengan menguraikan banyak cara kita masih bisa melihat pengaruh permainan roleplaying online multipemain masif ini 20 tahun kemudian.

Salah satu alasannya, meskipun game multipemain dan jejaring sosial awal seperti MySpace sudah ada, WoW memberikan gambaran nyata tentang masa depan di mana setiap orang akan terhubung dengan teman dan orang asing secara online. Di sisi lain, game ini menghasilkan miliaran dolar dengan model bisnis yang menggabungkan langganan bulanan dengan pembelian dalam game (termasuk hewan peliharaan dan hewan yang dapat ditunggangi oleh pemain), menjadi sumber pendapatan besar bagi Blizzard dan menunjukkan jalan bagi model bisnis internet di masa depan.

Permainan ini juga menghasilkan meme abadi, menarik penggemar selebriti, dan mendorong ahli epidemiologi untuk berpendapat bahwa sebuah insiden yang melibatkan penyebaran penyakit fantasi yang tidak terkendali dapat dipelajari untuk mendapatkan wawasan tentang epidemi di dunia nyata.

Selain itu, sebagai catatan, menurut saya filmnya tidak terlalu buruk.

Tautan sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini